Minggu, 09 Mei 2010

Faktor yang Mengakibatkan Turunya Modal Kerja

Menurut S. Munawir penggunaan – penggunaan aktiva lancar yang mengakibatkan turunnya modal kerja adalah :

  1. Pembayaran biaya atau ongkos – ongkos operasi perusahaan, meliputi pembayaran upah, gaji, pembelian bahan atau barang dagangan, supplies kantor dan pembayaran biaya – biaya lainnya.
  2. Kerugian – kerugian yang diderita oleh perusahaan karena adanya penjualan surat berharga atau kerugian yang insidentil lainnya.
  3. Adanya pembentukan dana atau pemisahan aktiva lancar untuk tujuan – tujuan tertentu dalam jangka panjang, misalnya dana pensiun obligasi, dana pensiun pegawai, dana ekspansi ataupun dana – dana lainnya.
  4. Adanya penambahan atau pembelian aktiva tetap, investasi jangka panjang atau aktiva tidak lancar lainnya yang mengakibatkan berkurangnya aktiva lancar atau timbulnya hutang lancar yang berakibat berkurangnya modal kerja.
  5. Pembayaran hutang – hutang jangka panjang yang meliputi hutang hipotik, hutang obligasi maupun bentuk hutang jangka panjang lainnya, serta penarikan atau pembelian kembali saham perusahaan yang beredar atau adanya penurunan hutang jangka panjang diimbangi berkurangnya aktiva lancar.
  6. Pengambilan uang atau barang dagangan oleh pemilik perusahaan untuk kepentingan pribadinya (prive) atau adanya pengambilan bagian keuntungan oleh pemilik saham dalam perusahaan perseorangan dan persekutuan atau adanya pembayaran deviden dalam perseroan terbatas (2004 : 125).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar